Kamis, 07 April 2011

Trik Noise VS ISO

Ahmad Hari Tubagus

berbagi trik buat yg kurang suka motret menggunakan flash...

ada kalanya kita motret dalam minim cahaya,lalu kita mencoba menaikkan level ISO,..namun hasil yg kita dapat terlalu banyak noise,..dalam kasus ini banyak teman2 yg merasa kemampuan kameranya lah yg tidak mampu menekan hadirnya noise .dan timbul pertanyaan2"kok di ISO 400 sudah ada noise,apalagi ISO diatas 400 dst...dan timbulah rasa kecewa dengan kualitas kameranya.

apakah benar kameranya yg tak mampu ?....ternyata tidak !!...hal itu terjadi karna ada kesalahan pada saat kita menentukan eksposure value(matering)

mari kita kenali ,,kapan noisenya ada dan kenapa noisenya ada..?
noise akan terlihat ada,apabila eksposure nya terlalu under,atau dibagian2 yg under.(semakin tinggi level ISO,semakin jelas terlihat)
noise ada,karna tidak mampu nya eksposure value melayani apa yg dibutuhkan kepekaan ISO(kualitas ISO masing2 jenis kamera)

dulu saya sempat kecewa dengan kamera saya,karna di iso 400,sudah banyak sekali noise yg terlihat,dan mulai terpikir untuk mengganti kamera yg lebih baik lagi dalam menekan hadirnya noise,...
setelah saya analisa kenapa bisa ada noise,akhirnya saya menemukan jalan keluarnya,dan tetap exis menggunakan kamera itu ,sampai sekarang..

solusi yg saya ambil adalah,apabila saya menggunakan ISO tinggi(400 >)saya mengusahakan eksposure value nya berada di titik 0(standar),,,tidak over,tidak under
kalau dulu saya takut2 menggunakan ISO tinggi,tapi sampai sekarang saya malah sering menggunakan ISO 1000-1600,hasilnya lumayan,..noise yg terlihat sedikit sekali,walaupun masih ada,namun tidak mengganggu

btw kalau rekan2 FN'ers ada trik2 yg lain,dalam kasus menekan hadirnya noise...mohon share nya

(untuk hal diatas,semoga bermanfaat,,kalau boleh saya sebutkan,. jenis kamera yg dimaksud diatas: nikon D80)

salam fotografi

0 comments: